Tips Cara Merawat Mobil Matic

Tips Cara merawat mobil matic

1. Ganti oli dengan teratur

Mengganti oli dengan teratur sangatlah penting dalam perawatan mobil matic. Apalagi jika mobil matic anda sering dibawa keluar kota maka sudah seharusnya anda mengecek kondisi oli mobil anda. Jika anda mengabaikan dalam penggantian oli maka hal itu akan menyebabkan kerusakan di bagian system transmisi mobil anda. Gunakan oli yang khusus untuk mobil matic yang disebut juga automatic transmision fluid. Adapun rekomendasi dalam pergantian oli adalah setiap jarak tempuh 80.000 KM hingga sampai 100.000 km.

2. Panasi mesin mobil sebelum anda bepergian

Kedengarannya memang sepele, namun jika anda mengabaikannya lama kelamaan akan menjadikan mesin mobil matic anda sedikit terganggu. Lakukan pemanasan setiap pagi sebelum berangkat kerja. Pastikan tuas transmisi mobil matic anda berada di posisi N saat mesin mobil dipanasi.

3. Lakukanlah Uji Jalan

Untuk mobil matic setiap beberapa bulan sekali, sebaiknya dilakukan uji jalan. Caranya yaitu jalankan mobil anda seperti biasa dan kemudian coba pindahkan perseneling. Langkah tersebut harus anda rasakan dan cermati dengan seksama, jika dalam perpindahan perseneling tersebut mengeluarkan suara bising serta mobil matic anda sedikit agak tergoncang, maka ada kemungkinan mobil anda sedang ada masalah di bagian transmisi. Nah jika hal tersebut terjadi maka lekas bawalah mobil matic anda ke bengkel langganan anda untuk secepatnya dilakukan perbaikan karena pada mobil matic transmisi adalah bagian yang sangat vital.

4. Harus teliti dalam menggunakan perseneling

Perawatan yang selanjutnya adalah anda harus teliti ketika menggunakan perseneling. Hindarilah menggunakan perseneling ‘P’ di saat keadaan mobil matic belum benar benar berhenti, karena jika hal tersebut dilakukan dengan terus menerus maka akan menjadikan kerusakan di bagian perseneling mobil anda. Hindari memasukkan perseneling disaat anda memarkirkan mobil anda karena jika hal ini dilakukan secara terus terusan maka bisa mengakibatkan kopling mobil anda rusak. Oleh karena itu pastikan tuas transmisi berada diposisi P ketika anda memarkirkan mobil matic.

Terima kasih

Silakan tinggalkan komentar atau pesan